PPA BCA 2017 (achievement and love story)

Hai guys, aku mau share pengalaman aku selama ikut tes PPA BCA pada tahun 2016-2017.

Sebelumnya, apasih PPA BCA itu?
PPA merupakan singkatan dari Program Pendidikan Akuntansi BCA, yaitu sebuah program beasiswa full selama 30 bulan yang diberikan oleh Bank Central Asia kepada lulusan SMA/SMK. Program ini setara dengan S-1 non gelar. Program yang didirikan oleh BCA tidak hanya dalam bidang Akuntansi melainkan bidang Teknik Informatika (PPTI). 

Untuk PPA, semua jurusan dapat mendaftar. Sedangkan untuk PPTI, hanya jurusan SMA IPA dan SMK Teknik yang berkaitan dengan Teknologi Informasi.

Tahapan Seleksi: 


  1. Seleksi Administrasi
  2. Psikotest tahap 1
  3. Psikotest tahap 2
  4. Interview tahap 1
  5. Interview tahap 2
  6. Medical check up

SELEKSI ADMINISTRASI

Seleksi Administrasi merupakan proses seleksi berkas yang telah peserta lampirkan pada saat pendaftaran online (nilai rapor kamu). Peserta dengan nilai paling sesuai maka akan lolos kualifikasi tahap administrasi. Pesan aku disini kamu harus teliti dalam mengisi form yang ada dan jangan terburu-buru.

Mei 2016

Tepat dihari penerimaan rapor di sekolah kelas 12 semester 1 bulan Mei tahun lalu aku ngisi pendaftaran PPA BCA. Kenapa aku milih PPA bukan PPTI? Karna aku awalnya sama sekali gak ada niat buat masuk kesini dan ini juga permintaan dari mami aku. Buat informasi aja, cita-cita aku sebenarnya adalah dokter. Aku mulai memasukkan berkas nilai rapor dengan teliti. Tentunya pendaftaran aku gak langsung berhasil, aku sempat ngesave dan website nya tiba-tiba error. Jadi aku ngulang bukan cuma sekali tapi berkali-kali. Dan kenapa aku daftar setelah pembagian rapor kelas 12 semester 1? Karna sesuai dengan permintaan BCA bahwa nilai yang akan dilampirkan didalam berkas adalah nilai rapor semester 1-4 (download form bagi siswa belum lulus). Pastikan nomor handphone yang kamu cantumkan adalah nomor yang bener-bener bisa dihubungin. 

Aku masukin berkas ga sendirian tapi sama laki-laki yang dipostingan aku sebelum-sebelumnya. Namanya Aditya, dia temen satu sekolah aku. Udah hampir setahun lebih kita bareng terus dari pagi sampe sore. Adit juga kebetulan anak temennya mami. 

PSIKOTES-1

Oktober 2016

Selama berbulan-bulan setelah aku masukin berkas ke seleksi administrasi, aku belum juga dapat kabar dari BCA. Sampai pada suatu hari aku gak sengaja buka hp khusus telfon aku dan disitu ada sms kalo aku bakalan ikut tes psikotest tahap pertama pada 28 Oktober. Proses konfirmasi hanya diberikan 1x24 jam. Dan disaat itu udah hampir 24 jam dan aku belum konfirmasi. Aku buka email dan membalas email dari BCA perihal tes psikotest tahap pertama disaat itu juga. Aku membalas keduanya, sms dan email. Dan untungnya aku sama adit sama-sama bisa ikut psikotest tahap pertama di hari yang sama. Satu minggu sampai hari psikotest aku belajar pake buku panduan psikotest yang aku beli di Gramedia. Menurut aku buku-buku seperti itu sangat ngebantu aku pada saat tes karna aku jadi tau kaya apa sih model soal psikotest itu. Aku membahas buku-buku tersebut kapan aja dan dimana aja. Ketika guru menjelaskan pelajaran disekolah, ketika dirumah, sampai ketika makan. Aku membahasnya dengan santai. Jangan ditiru yah, kalian harus pintar membagi waktu.

Psikotest satu berisikan tes mengenai kecerdasan siswa. Sebaiknya kalian sarapan yang cukup ketika akan menghadapi tes karna perut yang lapar akan menghilangkan konsentrasi kalian pada saat tes. Lakukan tes tersebut dengan tenang karena sebenarnya tidak perlu persiapan khusus pada test psikotest ini.

Isi psikotest tahap satu:

-Mengitung banyaknya balok dari tumpukan balok-balok

-Menggabungkan gambar dua dimensi

-Memahami isi atau inti dari sebuah wacana

-Test deret. contoh:2,4,6,8,... jawabannya adalah 10 (banyaklah berlatih)

-Mencari sinonim&antonim

-Menyalin pasangan gambar (teliti dan jangan sampai didalam satu baris ada yang kosong)

-Hitungan (Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. contoh: mencari umur, keuntungan & kerugian, harga barang, dsb)

Psikotest tahap 1 ini untuk menguji kemampuan akademis, ketelitian, kecerdasan dan kecepatan siswa dalam menyelesaikan soal.

Psikotes tahap 1 berlangsung jam 08.00-10.30. Pengumuman psikotest tahap 2 akan diumumkan pukul 12.30. Peserta yang lulus Psikotest tahap 1 lah yang berhak melanjuti Psikotest tahap 2. Dari 61 orang yang lulus ke tahap psikotest 2 ada 9 orang (PPA:4 orang, PPTI:5 orang) Alhamdulillah dari empat orang tersebut, aku adalah salah satunya. Psikotest tahap 2 dilakukan hari itu juga.

Tapi adit gak bisa ngelanjutin ke tahap selanjutnya. Padahal yang punya harapan besar itu malah dia bukan aku. Aku ngerasa gak enakan sama dia. Tapi dia tetap maksa aku buat bersyukur dan fokus untuk bisa lulus dari tahap psikotest 2. Dan dia bahkan bersedia nungguin aku sampai selesai. Aku harus lulus buat dia.



PSIKOTES-2

Sekitar jam 13.15 saya memasuki ruangan. Disitu kalian akan diminta berkas yang telah kalian persiapkan melalui instruksi yang kalian dapat pada saat di email oleh BCA. Setelah mengisi data diri saya mengikuti sedikit tahap tes yang santai dibanding tahap satu. Psikotest tahap 2 ini dilakukan dengan nyaman karna cenderung menilai kepribadian seseorang.

Isi psikotest tahap 2:

-Tes Warteg (membuat gambar dari coretan yang tersedia)

-Menggambar pohon. Ada beberapa pohon yang tidak boleh digambar,contoh: pohon beringin, pohon kelapa, dll) Btw, saya gambar pohon mangga HAHAHA boleh ditiru deh. Dan menurut aku gambar kalian gak harus se-indah itu. Gambar doang. Harus tepat waktu atau boleh lebih cepat. Gambarlah yang rapi tapi gak perlu dilukis kaya peserta yang duduk disamping aku pas itu. Dia sampe nge-arsir gambarnya like the proffesional one. Gak perlu yah guys. Tapi terserah kalian masing-masing :)

-Membuat tiga paragraf tentang cita-cita. Buatlah sesuai yang diinginkan Bank BCA. (sebelum tes aku udah mempersiapkan teks nya terlebih dahulu,mamiku yang bikin aku yang hafal) pastikan teks kamu adalah teks yang berbobot dan tidak berisi banyak omong kosong.

-Menjawab 60 pertanyaan sederhana dalam waktu 15 menit. Apa saja yang terpikirkan saat membaca pertanyaan, tulislah jawaban tersebut spontan.

-Tes Kraeppelin (tes koran). Harus banyak berlatih ya. Tapi gak usah terlalu dimaksimalkan. Kalian harus lulus dulu psikotest tahap 1 agar bisa lanjut ke tahap 2 nya. Jadi belajar banyak untuk melewati psikotest tahap 1.

Test selesai sekitar 16.30. Untuk info kelulusan akan diumumkan oleh pihak BCA. So, hp kamu harus stand by. Karena aku gak boleh bawa hp ke sekolah sesuai peraturan sekolah jadi aku memasukkan nomor hp kakak aku karna hp dia selalu bisa aktif 24 jam setiap hari. Penting, masukkan nomor hp yang bener-bener bisa dihubungin kapan aja karna jadwal tes selanjutnya tidak terjadwal. Soal psikotest 1 dan 2 tidak se-sulit yang dibayangkan. Jika kamu tidak lulus berarti ada yang nilainya lebih tinggi dari kamu.

Dia masih disana, nungguin aku sekitar empat jam-an atau lebih. Dia coba nunjukkin moodnya dia supaya aku tau kalo dia baik-baik aja. You have all my support, dit.


INTERVIEW-1

Desember 2016

Aku gak berharap sama sekali bakalan keterima di interview karna udah dua bulan dan aku belum dapat kabar apa-apa. Sampai kamis, 16 Desember kakak aku ngabarin kalo aku lolos ke interview dan dipanggil ke gedung BCA tanggal 19 jam 8 pagi. Aku langsung mempersiapkan diri dengan mencari bagaimana contoh wawancara dari berbagai sumber. Aku mempersiapkan jawaban sebaik mungkin terkait dengan beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan. Pakailah pakaian yang rapi ketika akan interview karena pakaian yang rapi akan mencerminkan kamu sebagai seseorang yang berwibawa dan pakaian yang sopan akan menunjukkan kamu sangat menghargai proses interview. Aku berangkat dari rumah pukul 7 pagi dan sampai disana pukul 8 kurang. Aku naik ke lantai 5 dan didampingi seorang karyawan yang membawa aku ke tempat interview akan dilaksanakan (lantai 3). Aku peserta yang pertama masuk ke ruangan. 

Isi Interview 1: kebanyakan ditanya soal teman-teman disekolah, prestasi yang kamu raih selama SMA ini (jangan berbohong), lebih deket ke orangtua yang mana (ayah/ibu) aku sih jawab dua-dua dengan alasan yang logis tentunya ya, di interview kalian harus percaya diri dan jangan gugup, senyum dan duduk yang tegap tapi santai, ucapkanlah selamat pagi lebih dulu pada yang bertanya. Jawablah semua pertanyaan dengan jujur dan rileks. Jangan pernah menjawab pertanyaan yang membuat dirimu tampak lemah. Tunjukkanlah kelebihan diri kalian dan menjauhi jawaban yang menunjukkan kelemahan kalian. Interview 1 berlangsung sekitar 20 menit. 

Selesai interview satu aku ga dibolehin pulang dulu karna pengumuman interview 2 akan diumumkan hari itu juga. Bisa berlangsung dihari yang sama atau keesokan harinya. Aku menunggu semua peserta selesai di interview dari jam 10 sampai jam 1 siang. Bosan? Sudah pasti. Untuk mengisi kekosongan kami saling sharing tentang interview yang baru saja kami hadapi. Tentu responnya berbeda-beda. Peserta dengan kriteria yang memadai lah yang akan lulus ke tahap interview 2. 

Selanjutnya jam menunjukkan pukul 1 siang. Dan Alhamdulillah, aku bisa ikut melanjutkan interview tahap 2 besok.

Then again, aku turun dan jalan di basement gedung. Berjalan ke parkiran dan menemuinya (lagi). Dia cabut sekolah buat jemput aku. Padahal sekolah kita baru pulang jam 4 sore. Dia memang ga pernah ngebiarin aku jalanin semuanya sendirian.

INTERVIEW-2

Interview tahap 2 gak jauh-jauh sih dari interview tahap 1. BCA ingin melakukan pendekatan dan pengenalan lebih dalam sama karakter pesertanya. Aku peserta yang pertama masuk ke ruangan lagi. Interview kali ini aku ngerasa yang nge-interview aku galak HAHAHAHA soalnya dia ibu-ibu yang kayanya udah senior. Dan jangan coba-coba bohong kalo ngga kalian gak akan selamat. Aku mengalami kesulitan sih selama interview 2 ini. Interview dimulai jam 9 dan aku ditinggalkan sama ibu itu buat alasan yang ga jelas selama setengah jam lebih. Aku harus tetap tenang, rileks dan ini tentu sangat menguji kesabaran aku. Ketika jam sudah hampir menunjukkan jam 10 ibu itu kembali dan aku harus mood untuk menjawab pertanyaannya kembali. Tetap pertahankan senyum, jaga emosi saat menjawab pertanyaan, ucapkanlah selamat pagi terlebih dahulu. Disini aku pikir aku bakalan gak berhasil. 

Lagi-lagi dia yang jemput aku. Tapi kali ini gak cabut dari sekolah karna hari ini memang libur. Aku bilang ke adit kalo ini bakalan sama sekali gak berhasil. Tapi justru dia yang yakin kalo aku bisa lulus. Selanjutnya kita makan siang terus balik. 

MEDICAL CHECK UP

Januari 2017

Akhirnya aku dapat kabar dari mamiku kalo aku bakalan ikut tes medical check up. Semuanya berjalan lancar mulai dari pengecekan darah, buta warna, dsb. Medical check up bertujuan untuk mempertimbangkan secara umum kesehatan peserta yang menunjang produktivitas dalam belajar/bekerja.

20 Februari 2017

Aku dipanggil ke gedung BCA untuk penandatanganan kontrak beasiswa. Disana terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang tentunya harus kita ikuti selama menempuh pendidikan nanti. Pendidikan PPA/PPTI berlangsung selama 30 bulan. Setelah lulus, peserta akan ditawarkan untuk bekerja di BCA. Bagi siswa yang ditawarkan, tidak ada kewajiban untuk menerima tawaran dan tidak ada sanksi bagi peserta jika tidak menerima tawaran kerja di BCA setelah lulus pendidikan PPA/PPTI BCA.

Untuk informasi lebih lanjut bisa kalian dapetin di web karir.bca.co.id lalu klik di search ppa/ppti. Good luck and see you there guys! :)











Komentar

  1. Nah lho. Kamu gak ikut tahap online assessment nya kak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku tetep ikut online assessment tp setelah tanda tangan kontrak, tapi hasilnya tdk memengaruhi, hanya untuk kelengkapan data saja :)

      Hapus
  2. Nah lho. Kamu gak ikut tahap online assessment nya kak??

    BalasHapus
  3. Kk cara konfirmasi nya gimana?
    Konfirmasi melalui via sms jugaa bls nya gmana kj?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku konfirmasi email sama smsnya juga

      Hapus
    2. Iya jadi kalimat nya bagaimana untuk konfirmasi?

      Hapus
    3. Itu cara konfirmasi lewat sms nya gimana kak?

      Hapus
    4. Kalo konfirmasinya lebih dari 24 jam gmn kak?

      Hapus
    5. kak mau tanya setelah wawancara 1 saya disuruh tunggu 2 bulan utk hasilnya apakah memang seperti itu kak?

      Hapus
  4. Haloo salam kenal .. aku suka artikel kamu

    jangan lupa ya mampir ke blog aku :)
    http://www.duniapelajar.ga/2016/12/perjalanan-ppti-bca-part-1.html

    BalasHapus
  5. Ka aku udah lolos psikotest tahap 1 cuman aku ngerasa ngisi cita2 ku kaya banyak basa basi takut ga lolos :(

    BalasHapus
  6. Ka mau tanya kalo test online assessment nya tuh kaya gimana ? Aku baru dapet email buat test online

    BalasHapus
  7. kak kok aku pas daftar ga bisa apply ya?

    BalasHapus
  8. kak kok aku pas daftar ga bisa apply ya?

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum. kak saya sdg duduk di kelas 12 smt 5. mohon di jawab untuk pengisian ipk akhir/nilai rata-rata pada form registrasi. yang dimaksud itu adalah rata-rata gabungan dari smt 1-4 atau hanya rata-rata smt 4? mohon dijawab! terimakasih

    BalasHapus
  10. Kak mau tanya, pas mau tes soalnya sama gak sama tahun ini?

    BalasHapus
  11. kakak..
    boleh minta ID linenya??

    BalasHapus
  12. Kak, boleh tau, ketentuan dalam isi kontrak yg akan di tandatangani stelah lulus smuaa tahap apa aja yah kak, denda gak seandainya programnya d tinggalin??
    Mohon balas yah kak, makasih

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. teteh juga daftarnya lewat online?

    BalasHapus
  15. Kaka mau tanya sekarang masih bisa daftar kan sampe bulan desember ?

    BalasHapus
  16. Pengumuman asesmen lewat mana?

    BalasHapus
  17. Kak setelah tes administrasi kan ada assesmen test/tes online kan sebelum psikotest 1? Yang jadi pertimbangan sih ala ya kak?

    BalasHapus
  18. Khusus Mahasiswi BCA TRAINING CENTER/BLI di Sentul city yang sedang mencari tempat kost dapat menghubungi saya di 081319667214, lokasi hanya 5 menit ke tempat kuliah. Terimakasih.

    BalasHapus
  19. Kak nulis cita-cita menurut kriteria bca nya harus yg sesuai sama jurusan ppa/ppti atau boleh nulis citacita kaya dokter arsitek gitu kak?

    BalasHapus
  20. Kak nulis cita-cita menurut kriteria bca nya harus yg sesuai sama jurusan ppa/ppti atau boleh nulis citacita kaya dokter arsitek gitu kak?

    BalasHapus
  21. Kak, itu pengumuman tes psikotes tertulisnya emang nggak di kasih tau lewat email? soalnya aku udah mau seleksi nanti minggu dpan tp no.hp yg ku pake daftar udh ga aktif, gmana ini kak?

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Kak INTERVIEWnya pake bahasa inggris ?

    BalasHapus
  24. kk aku mau tanya ? kemaren aku dapet email untuk mengikuti tes online tapi knp link yaga bisa dibuka ya ka ? itu kkenapa ya ka

    BalasHapus
  25. Kak. Sekrang klanjutannya gmna nih? Pngen tw pnglaman stlah jdi mahasiswi ppa..

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Pemberitahuan lulus atau ngga nya daftar online itu lama ya? Kk sampe oktober gitu

    BalasHapus
  28. Itu 30 bulan harus terpenuhi?

    BalasHapus
  29. kak, aku kan udah tes online tapi aku ngerjainnya sambil buka web lainnya, itu gimana donk kak?

    BalasHapus
  30. kaa aku mau nanya
    misalnya kita ada kesalah data pas pengisian form
    contohnya nmr ktp tapi aku isinya malah nmr kartu pelajar soalnya aku gak tahu kalo bsa juga pake nik
    itu kita bsa daftar lg gk buat memperbaiki datanya

    BalasHapus
  31. kak itu formnya emg hrs di convert dulu ya dari xls jadi xlsx ?

    BalasHapus
  32. selama pendidikan tinggal nya diasrama gitu/kita setiap hari pulang pergi dari rumah?

    BalasHapus
  33. Kak, dulu dapet email buat tes online (online assessment) nggk? Atau cuma dapet undangan psikotest aja?

    BalasHapus
  34. Kak aku mau tanya, itu beasiswa kita kuliah dimana? Dan kuliahnya full ditanggung bca ga smp s1? Bales ya kak :")

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. kak, apa yang sudah ikut tes wawancara 2 sudah pasti lolos ke tes kesehatan ?

    BalasHapus
  38. kak, apakah yang sudah ikut tes wawancara 2 pasti lolos ke tes kesehatan kah ?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer